Archive | Lauk RSS feed for this section

Hainanese Chicken Rice

14 Mar

Assalamualaikum,

Senang banget dapat resep ini… Asli mirip yang dijual di restoran. Bahannya simple, masaknya juga gampang. Dapat resep ini dari seorang teman yang share di grup fb, dan setelah dilihat-lihat sepertinya enak. Akhirnya dicoba deh. Kebetulan anak-anak suka banget makan ini kalo jalan ke mall.

Yuk simak resepnya. Oiya, seperti biasa… Masak perlu insting rasa yang peka, sesuai selera juga. Jadi kalau ada yang kurang takaran bumbunya bisa ditambah sendiri ya.   

Hainanese Chicken Rice

By Nyonya Kitchen

Bahan:

Ayam dan kuah kaldu

1 ekor ayam 

4 batang daun bawang potong-potong

5 cm jahe

Garam untuk melumuri ayam

1 sdm soy sauce

1 sdm minyak wijen

Nasi

600 gr beras cuci bersih

10 gr lemak ayam

2 siung bawang putih

1 butir bawang merah

1 helai daun pandan

2 cm jahe

1,5 sdm soy sauce

1,5 sdm minyak wijen

Saus, aduk rata: 

3 sdm soy sauce

1 sdm minyak wijen

1 sdm gula pasir

10 sdm kuah kaldu

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan biarkan semalaman dalam kulkas.
  2. Masukkan soy sauce kedalam rongga ayam, ratakan. Masukkan jahe dan daun bawang. Ikat paha ayam agar bumbu tidak keluar.
  3. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan ayam. Tunggu mendidih, kecilkan api dan masak hingga ayam matang.
  4. Angkat, masukkan dalam air es selama 10 detik, angkat lalu poles dengan minyak wijen dan sedikit garam. Sisihkan.
  5. Nasi: tumis lemak ayam dengan sedikit minyak hingga lemak kering dan didapat minyaknya. Tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe hingga harum. 
  6. Masukkan daun pandan, minyak wijen, dan soy sauce. Lalu masukkan beras. Aduk rata. Masukkan kuah kaldu sesuai takaran seperti masak nasi biasa. Masak hingga matang. 
  7. Sajikan nasi dengan ayam yang disiram saus dan kuah kaldu. 

Biasanya ayam ditaruh diatas potongan timun, tapi lagi nggak punya timun. 

Saya masak nasinya di rice cooker, jadi setelah ditumis lalu masuk ke rice cooker deh. 

Kuah kaldunya bisa ditambah garam sedikit. Oiya, ada sambalnya juga. Tapi posting di halaman lain deh ya…

Selamat mencoba ^_^

Cumi Telur Asin Rica

9 Mar

Assalamualaikum,

Suka banget sama cumi asin. Cuma takut sama pengawetnya. Trus suatu waktu ada teman NCC di FB teh Ellen posting tentang cumi asin yang dibelinya di Cirebon. Cumi telur asin tanpa pengawet!!! Dan senangnya lagi, Teh Ellen buka PO untuk titip si cumi ini. Alhamdulillah kebagian kuota. 

Dari beli sampai hari ini ya kira-kira sudah sebulan cumi itu disimpan di kulkas aja, karena rumah lagi renovasi jadi males masak. Hari ini rumah sudah lumayan bersih dan bisa dipakai masak. Suami juga lagi di rumah, jadi bikin rica aja pakai cumi ini.   

Cumi telur asin rica

Bahan:

  • 250 gr cumi telur asin
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • Gula secukupnya

Haluskan: 

  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 7 buah cabai keriting
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 cm jahe

Cara membuat:

  1. Goreng cumi hingga setengah matang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, cumi asin, dan gula. Tambah sedikit air. 
  3. Masak hingga meresap.

    Oiya, cumi telur ini diasinkan tanpa pengawet, jadi nggak tahan lama di luar ruang. Penampakannya juga masih segar, warnanya nggak banyak berubah dari semula. Enak bangett!!!

    Ayam Goreng Pandan

    27 May

    Assalamualaikum,

    Kalau pergi makan ke resto Thailand pasti pesan ayam goreng khasnya yang pakai daun pandan. Kebetulan di rumah ada pohon pandan yang sudah besar dan mau dipangkas. Fillet ayam juga pas ada, jadi dicobalah bikin.

    Ayam sebaiknya direndam semalaman, supaya merasuk. Kalau nggak ada daun pandan sebenarnya bisa aja langsung goreng. Cuma pas goreng enak kalau ada wangi pandannya. 

     
    Bungkusnya nggak susah kok.. Untuk lihat caranya browsing di youtube saja ya 🙂 potongan ayam juga mesti disesuaikan sama lebar daun pandannya, supaya gampang membungkusnya. 

    Oiya… Saya nggak bikin saus Thai nya, hehehe. Makan gitu aja juga enak kok. Perlu diperhatikan saat menggorengnya. Karena terbungkus, jadi nggak bisa lihat apa sudah matang atau belum. Sebaiknya pakai minyak banyak, jadi terendam. Masak dengan api sedang cenderung kecil supaya nggak cepat gosong diluar padahal belum matang. Mungkin karena pakai pandan, minyak bekas menggoreng jadi kotor. 



    Ayam Pandan

    Femina

    Bahan:

    • 800 gr ayam potong kecil atau fillet
    • 2 sdm Kecap asin
    • 2 sdm Minyak wijen
    • 2 sdt gula pasir
    • 1 sdt merica bubuk
    • 10 lembar daun pandan
    • Minyak untuk menggoreng

    Bumbu, haluskan:

    • 3 butir bawang putih
    • 4 butir bawang merah
    • 2 cm jahe

    Saus Thai, aduk rata

    • 2 buah cabai merah haluskan
    • 2 siung bawang putih
    • 50 gr gula pasir
    • 1/4 sdt garam
    • 1 sdm kecap ikan
    • 150 ml air

    Cara Membuat:

    • Cuci bersih ayam hingga ke bagian dalam perut. Potong-potong ayam menjadi 8 bagian. 
    • Campur bumbu halus dengan kecap asin, minyak wijen, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata.
    • Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu, aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama 1 jam  agar bumbu meresap.
    • Ambil satu potong daging ayam, letakkan di atas selembar daun pandan. Gulung hingga daging ayam tertutup rapat, ikat bagian ujungnya. Lakukan hingga daging ayam habis, sisihkan.
    • Panaskan minyak dalam wajan, masukkan potongan ayam yang telah dibungkus daun pandan. Goreng hingga kecokelatan dan matang, angkat. Sajikan dengan saus Thai.
    Selamat mencoba 🙂 

    Frozen Food

    15 Apr

    Assalamualaikum,
    Berikut adalah jenis makanan beku yang dapat dipesan, yang tidak ada disini boleh ditanyakan dulu yaa… Kali aja bisa bikinin 😀

    20140415-134501.jpg
    Chicken Roll terbuat dari ayam giling dengan bumbu ke-jepang-an digulung dengan dadar telur. Bisa ditambahkan wortel atau brokoli didalamnya. Ini foto sebelum diberi tepung panir. Dibuat tanpa tambahan penyedap rasa. Tersedia mulai dari berat 250gr

    20140415-134746.jpg
    Chicken Nugget terbuat dari ayam giling, susu, tepung sagu, dan roti tawar. Dibuat tanpa tambahan penyedap rasa. Bisa ditambah wortel atau brokoli. Foto ini adalah nugget dengan wortel. Tersedia mulai dari berat 250gr.

    20140415-135008.jpg
    Chicken Drumstick terbuat dari bagian pentul sayap ayam dibumbui susu evaporasi, gula, garam, dan minyak wijen. Dijual satuan minimal 10 buah.

    20140415-135154.jpg
    Burger Daging Sapi terbuat dari campuran daging sapi dan ayam, bawang bombay, roti tawar, gula, dan garam. Berat mentah 100gr. Dijual satuan minimal 5buah.

    20140415-135534.jpg
    Shrimp Roll terbuat dari campuran ayam dan udang, digulung dadar telur. Dibuat tanpa tambahan penyedap rasa, bisa ditambah wortel atau brokoli. Tersedia mulai dari berat 250gr

    20140415-135740.jpg
    Dimsum terbuat dari ayam, udang, jamur shitake, dan bumbu-bumbu. Dibuat tanpa tambahan penyedap rasa. Tersedia satuan minimal 20buah.

    20140416-180312.jpg
    Chicken Katsu terbuat dari dada ayam dibumbui tanpa tambahan penyedap rasa. Dijual satuan minimal 6 buah.

    20140415-140027.jpg
    Kemasan makanan beku

    Semua item dibuat berdasarkan pesanan. Pesanan dapat dikirim atau diambil dirumah. Silahkan pesan melalui
    email ke stunningadonan@yahoo.co.id
    Pin BBM 7DCEC18E
    SMS (WA) 08161993341

    Terima kasih

    Wings Cola

    4 Apr

    Assalamualaikum,
    Tahu ada ayam dimasak pakai cola udah lama… Tapi nggak begitu tertarik.. Kayaknya enakan diminum aja colanya, hehehe… Nahh, kmrn ada yang bahas ayam cola di milis ncc katanya enak banget, jadi simpen deh resepnya.

    Hari ini kebetulan ada ayam dan cola dirumah, jadi praktek resepnya deh… Bahannya simple dan masaknya sangat gampang…

    20140404-190653.jpg
    Wings Cola

    Bahan:
    6 potong sayap ayam
    3 sdm soy sauce
    150 ml cola
    2 sdm minyak goreng

    Cara membuat:
    1. Rendam sayap ayam dengan soy sauce selama 1jam.
    2. Goreng ayam sampai berkulit, lalu masukkan saus rendaman dan cola.
    3. Masak hingga mengental

    Gimana? Gampang banget kan?? Dan sederhana bahannya… Rasanya??? Hmmmm, sekali aja deh masak beginian. Saya dan anak-anak kurang suka. Cola dimasak yang tertinggal adalah rasa manisnya.. Jadi nih masakan manis, malah enakan manis gula daripada ini. Tapi kan selera yaaa…

    Tapi kalau ada yang mau coba resep ini saran saya adalah:
    Kalau mau pakai sayap, enakan sayapnya dipotong-potong
    Mungkin kalau ditambah bumbu lain seperti bawang putih atau bawang bombay dan garam akan jadi enak, hehe

    Bolognese Sauce

    4 Apr

    Assalamualaikum,

    Satu lagi dagangan saya… Yaitu saus bolognese. Terbuat dari daging sapi giling dan rempah-rempah. Bisa disimpan untuk dipakai sewaktu-waktu. Biasanya dipakai untuk saus spaghetti, topping pizza, topping roti, dan masih banyak lagi.

    Kalau mau coba bikin sendiri boleeehhh… Gampang banget, dan yang pasti enak.

    20140401-090019.jpg

    Bolognese Sauce
    Ala Elly Amelia

    Bahan:
    150 gr Daging sapi giling
    3 buah tomat cacah
    90 gr bawang bombay cincang kasar
    1 siung bawang putih cincang halus
    1 sdm pasta tomat
    5 sdm saus tomat
    1 lembar bayleaf kering
    1 sdm oregano kering
    1 jumput jinten
    Garam, gula, dan merica

    Cara membuat:
    1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu-bumbu rempah.
    2. Masukkan daging giling aduk-aduk hingga berubah warna.
    3. Masukkan tomat, pasta tomat, dan saus tomat.
    4. Masak dengan api kecil selama 1jam sambil diaduk

    Notes:
    Supaya nggak gosong masak pakai panci yang alasnya tebal. Kalau panci biasa mesti sering banget diaduk.

    Dimasak selama 1jam atau lebih supaya lebih meresap dan enaaakk. Setelah 1jam minyak akan keluar. Tapi kalau buru-buru 30 menit bisa kok.. Asal sudah tercampur rata aja..

    Silahkan mencoba… Atau boleh kalau mau pesan di saya ^_^

    Leunca Oncom

    28 Mar

    Sukaaa banget sama masakan ini… Kalau ke restoran sunda pasti beli ini, tapi nggak semua restoran sunda jual. Padahal bahannya murah dan bikinnya gampang.

    Walaupun gampang kok ya nggak pernah bikin sendiri.. Hehe baru kepikiran sekarang mau bikin sendiri. Bener deh, bahannya murah dan gampang masaknya. 1 resep bisa untuk 3-4 orang hanya dengan 1papan oncom dan seplastik leunca, cuma 3ribu perak… Bumbu dapur juga sedikit, nggak sampai 500perak deh…

    20140328-120500.jpg

    Leunca Oncom
    Ala Elly Amelia

    Bahan:
    1 papan oncom hancurkan
    1 genggam leunca
    1/2 butir tomat iris
    2 butir cabai hijau besar iris
    3 butir bawang merah iris
    1 butir bawang putih iris
    2 cm lengkuas memarkan
    1 cm jahe memarkan
    1 lembar daun salam
    2 sdm kecap manis
    1/2 sdm garam
    1 sdt gula
    1/3 gelas air
    3 sdm minyak goreng

    Kalau mau pedas bisa ditambah irisan cabai rawit

    Cara membuat:
    1. Panaskan wajan, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan daun salam sampai matang. Masukkan tomat dan cabai hijau masak hingga layu.
    2. Masukkan oncom, aduk rata. Masukkan kecap, gula dan garam. Aduk hingga rata.
    3. Masukkan leunca dan tambahkan air. Cicip hingga sesuai selera.
    4. Masak hingga mengering

    Siap dinikmati.. ^_^

    Selamat mencoba…