Archive | Sayur RSS feed for this section

Kangkung cah Daging Sapi

15 Dec

Assalamualaikum,

Ini salah satu masakan favorit kalau makan di restoran chinese, biasanya disajikan di hotplate. Makanan lengkap bergizi tapi bikinnya gampang. Daging juga bisa diganti udang atau cumi atau bahkan ayam. Biasanya ditambah telur puyuh. Tapi di rumah lagi nggak punya telur puyuh, jadi nggak pake deh. 

Kebetulan di rumah selalu stok daging sukiyaki, dan punya kangkung. Anak-anak juga penggemar kangkung. Jadi makan malam masak ini. 

  
Kangkung cah Daging Sapi

Ala Elly Amelia

Bahan:

2 ikat kangkung dipetik daunnya

100 gram daging sukiyaki

5-10 butir telur puyuh rebus

3 siung bawang putih cincang

1/4 butir bawang bombay iris

1 buah cabai merah besar iris

3 sendok makan saus tiram

1/2 sdt garam

1/2 sdr gula pasir

1 sdt tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air

1 sdt minyak wijen

250 ml air

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu, lalu masukkan bawang putih dan cabai merah.
  2. Masukkan daging, masak hingga berubah warna. Masukkan minyak wijen dan saus tiram, garam, dan gula pasir. Masukkan telur puyuh. 
  3. Beri air, tunggu mendidih. Icip sampai sesuai selera. Masukkan larutan maizena, sedikit-sedikit sampai kentalnya sesuai selera. 
  4. Besarkan api, masukkan kangkung, aduk sebentar. Angkat.

Notes: 

  1. Selain daging sukiyaki bisa menggunakan daging lain yang diiris tipis.
  2. Semua takaran bumbu sesuai selera, jadi selalu icip. 
  3. Maizena bisa jadi kurang atau lebih, semua sesuai selera mau kental atau tidak. 

Selamat mencoba ^_^

Advertisements

Cap Cay Goreng

28 Mar

Assalamualaikum,
Lauk makan yang bisa disajikan sendirian, versi lain dari sup.. Apa aja bisa dimasukkan. Kebetulan dirumah bahan-bahan untuk bikin sup atau capcay selalu tersedia.

Nggak bisa sama persis dengan yang di restoran cina siiihh… Tapi mirip laah, yang susahnya ya pengaturan api dan durasinya. Biasanya kalau di restoran cina masaknya pakai api besar dan sebentar, kalau dirumah susah mau kayak gitu… Yang ada malah gosong, hehe…

20140328-212521.jpg

Cap Cay Goreng
Ala Elly Amelia

Bahan:
1 batang wortel import iris tipis
3 helai sawi putih potong-potong
1 kuntum brokoli ukuran kecil
2 buah jagung putren iris memanjang
3 buah bakso iris tipis
50 gram ayam fillet iris
5 buah jamur merang potong
2 siung bawang putih
1/3 buah bawang bombay
2 sdm kecap ikan
1 sdt saus tiram
3 sdm minyak
1 sdt maizena cairkan dengan sedikit air
Garam gula

Cara membuat:
1. Panaskan wajan, masukkan minyak. Tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan ayam, tumis hingga berubah warna. Tambahkan bakso dan jamur, aduk rata. Masukkan kecap ikan, masak sebentar.
2. Masukkan wortel aduk, lalu masukkan jagung putren dan brokoli. Aduk rata. Masukkan saus tiram, garam, dan gula. Aduk rata. Tambahkan air, masak sebentar. Terakhir masukkan sawi putih.

Siap disajikan ^_^

1 resep diatas bisa untuk 2-3 orang.

Silahkan mencoba..