Tag Archives: minyak wijen

Hainanese Chicken Rice

14 Mar

Assalamualaikum,

Senang banget dapat resep ini… Asli mirip yang dijual di restoran. Bahannya simple, masaknya juga gampang. Dapat resep ini dari seorang teman yang share di grup fb, dan setelah dilihat-lihat sepertinya enak. Akhirnya dicoba deh. Kebetulan anak-anak suka banget makan ini kalo jalan ke mall.

Yuk simak resepnya. Oiya, seperti biasa… Masak perlu insting rasa yang peka, sesuai selera juga. Jadi kalau ada yang kurang takaran bumbunya bisa ditambah sendiri ya.   

Hainanese Chicken Rice

By Nyonya Kitchen

Bahan:

Ayam dan kuah kaldu

1 ekor ayam 

4 batang daun bawang potong-potong

5 cm jahe

Garam untuk melumuri ayam

1 sdm soy sauce

1 sdm minyak wijen

Nasi

600 gr beras cuci bersih

10 gr lemak ayam

2 siung bawang putih

1 butir bawang merah

1 helai daun pandan

2 cm jahe

1,5 sdm soy sauce

1,5 sdm minyak wijen

Saus, aduk rata: 

3 sdm soy sauce

1 sdm minyak wijen

1 sdm gula pasir

10 sdm kuah kaldu

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan garam dan biarkan semalaman dalam kulkas.
  2. Masukkan soy sauce kedalam rongga ayam, ratakan. Masukkan jahe dan daun bawang. Ikat paha ayam agar bumbu tidak keluar.
  3. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan ayam. Tunggu mendidih, kecilkan api dan masak hingga ayam matang.
  4. Angkat, masukkan dalam air es selama 10 detik, angkat lalu poles dengan minyak wijen dan sedikit garam. Sisihkan.
  5. Nasi: tumis lemak ayam dengan sedikit minyak hingga lemak kering dan didapat minyaknya. Tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe hingga harum. 
  6. Masukkan daun pandan, minyak wijen, dan soy sauce. Lalu masukkan beras. Aduk rata. Masukkan kuah kaldu sesuai takaran seperti masak nasi biasa. Masak hingga matang. 
  7. Sajikan nasi dengan ayam yang disiram saus dan kuah kaldu. 

Biasanya ayam ditaruh diatas potongan timun, tapi lagi nggak punya timun. 

Saya masak nasinya di rice cooker, jadi setelah ditumis lalu masuk ke rice cooker deh. 

Kuah kaldunya bisa ditambah garam sedikit. Oiya, ada sambalnya juga. Tapi posting di halaman lain deh ya…

Selamat mencoba ^_^

Advertisements

Ayam Goreng Pandan

27 May

Assalamualaikum,

Kalau pergi makan ke resto Thailand pasti pesan ayam goreng khasnya yang pakai daun pandan. Kebetulan di rumah ada pohon pandan yang sudah besar dan mau dipangkas. Fillet ayam juga pas ada, jadi dicobalah bikin.

Ayam sebaiknya direndam semalaman, supaya merasuk. Kalau nggak ada daun pandan sebenarnya bisa aja langsung goreng. Cuma pas goreng enak kalau ada wangi pandannya. 

 
Bungkusnya nggak susah kok.. Untuk lihat caranya browsing di youtube saja ya 🙂 potongan ayam juga mesti disesuaikan sama lebar daun pandannya, supaya gampang membungkusnya. 

Oiya… Saya nggak bikin saus Thai nya, hehehe. Makan gitu aja juga enak kok. Perlu diperhatikan saat menggorengnya. Karena terbungkus, jadi nggak bisa lihat apa sudah matang atau belum. Sebaiknya pakai minyak banyak, jadi terendam. Masak dengan api sedang cenderung kecil supaya nggak cepat gosong diluar padahal belum matang. Mungkin karena pakai pandan, minyak bekas menggoreng jadi kotor. 



Ayam Pandan

Femina

Bahan:

  • 800 gr ayam potong kecil atau fillet
  • 2 sdm Kecap asin
  • 2 sdm Minyak wijen
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 10 lembar daun pandan
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu, haluskan:

  • 3 butir bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 2 cm jahe

Saus Thai, aduk rata

  • 2 buah cabai merah haluskan
  • 2 siung bawang putih
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm kecap ikan
  • 150 ml air

Cara Membuat:

  • Cuci bersih ayam hingga ke bagian dalam perut. Potong-potong ayam menjadi 8 bagian. 
  • Campur bumbu halus dengan kecap asin, minyak wijen, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata.
  • Masukkan potongan ayam ke dalam bumbu, aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama 1 jam  agar bumbu meresap.
  • Ambil satu potong daging ayam, letakkan di atas selembar daun pandan. Gulung hingga daging ayam tertutup rapat, ikat bagian ujungnya. Lakukan hingga daging ayam habis, sisihkan.
  • Panaskan minyak dalam wajan, masukkan potongan ayam yang telah dibungkus daun pandan. Goreng hingga kecokelatan dan matang, angkat. Sajikan dengan saus Thai.
Selamat mencoba 🙂