Tag Archives: tomat

Bolognese Sauce

4 Apr

Assalamualaikum,

Satu lagi dagangan saya… Yaitu saus bolognese. Terbuat dari daging sapi giling dan rempah-rempah. Bisa disimpan untuk dipakai sewaktu-waktu. Biasanya dipakai untuk saus spaghetti, topping pizza, topping roti, dan masih banyak lagi.

Kalau mau coba bikin sendiri boleeehhh… Gampang banget, dan yang pasti enak.

20140401-090019.jpg

Bolognese Sauce
Ala Elly Amelia

Bahan:
150 gr Daging sapi giling
3 buah tomat cacah
90 gr bawang bombay cincang kasar
1 siung bawang putih cincang halus
1 sdm pasta tomat
5 sdm saus tomat
1 lembar bayleaf kering
1 sdm oregano kering
1 jumput jinten
Garam, gula, dan merica

Cara membuat:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu-bumbu rempah.
2. Masukkan daging giling aduk-aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan tomat, pasta tomat, dan saus tomat.
4. Masak dengan api kecil selama 1jam sambil diaduk

Notes:
Supaya nggak gosong masak pakai panci yang alasnya tebal. Kalau panci biasa mesti sering banget diaduk.

Dimasak selama 1jam atau lebih supaya lebih meresap dan enaaakk. Setelah 1jam minyak akan keluar. Tapi kalau buru-buru 30 menit bisa kok.. Asal sudah tercampur rata aja..

Silahkan mencoba… Atau boleh kalau mau pesan di saya ^_^

Leunca Oncom

28 Mar

Sukaaa banget sama masakan ini… Kalau ke restoran sunda pasti beli ini, tapi nggak semua restoran sunda jual. Padahal bahannya murah dan bikinnya gampang.

Walaupun gampang kok ya nggak pernah bikin sendiri.. Hehe baru kepikiran sekarang mau bikin sendiri. Bener deh, bahannya murah dan gampang masaknya. 1 resep bisa untuk 3-4 orang hanya dengan 1papan oncom dan seplastik leunca, cuma 3ribu perak… Bumbu dapur juga sedikit, nggak sampai 500perak deh…

20140328-120500.jpg

Leunca Oncom
Ala Elly Amelia

Bahan:
1 papan oncom hancurkan
1 genggam leunca
1/2 butir tomat iris
2 butir cabai hijau besar iris
3 butir bawang merah iris
1 butir bawang putih iris
2 cm lengkuas memarkan
1 cm jahe memarkan
1 lembar daun salam
2 sdm kecap manis
1/2 sdm garam
1 sdt gula
1/3 gelas air
3 sdm minyak goreng

Kalau mau pedas bisa ditambah irisan cabai rawit

Cara membuat:
1. Panaskan wajan, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan daun salam sampai matang. Masukkan tomat dan cabai hijau masak hingga layu.
2. Masukkan oncom, aduk rata. Masukkan kecap, gula dan garam. Aduk hingga rata.
3. Masukkan leunca dan tambahkan air. Cicip hingga sesuai selera.
4. Masak hingga mengering

Siap dinikmati.. ^_^

Selamat mencoba…